Thursday, June 21, 2012

Alternatif Teknologi Rumah Instant


Balik ke tema buat Rumah Cepat & Hemat :) ternyata ada beberapa alternatif juga yang intinya material rumah tsb sebagian sudah dikerjakan di fabrikasi yaitu :
1. RISHA : Rumah Instant Sehat Sederhana
    System yang dikelola oleh Pak Purwoko bersama Puslitbang ini terdiri dari 3 modul yang sudah di uji coba dimana pemasangannya di ibaratkan seperti mainan lego. Nah berhubung sudah fix secara ukuran itu juga akan menentukan ukuran rumah dimana harus disesuaikan dgn ukuran modul2 tsb. Tidak terlalu fleksible mungkin tapi secara waktu instalasi bener2 hemat waktu karena pondasinya pun hanya disudut2 saja. Sudah diujicoba juga untuk anti gempa. Lalu secara harga cukup bersaing dengan konvensional mungkin akan jauh lebih rendah jika pemilihan material lainnya juga biasa.
risha-puskim.blogspot.com

2. Solusi Rumah Holcim
    Sistem holcim ini menawarkan end to end proses bangunan. Sudah ada fabrikasi modul2nya juga sama seperti RISHA namun yang ini lebih banyak variasinya dan lebih besar. Kalo ditilik dari kecepatan membangun sepertinya tidak terlalu significant dengan konvensional dan hargapun relatif lebih mahal. Hati-hati juga dengan aplikatornya karena memang sudah terlepas dari pusat holcim.
www.membangunbersama.com

3. Wiremesh Method
     Ada lagi model solusi menggunakan kombinasi kawat baja & sejenis Gabus menjadi dinding yang kekuatannya serupa dgn dinding beton. Ada 2 produsen yang mengeluarkan produk serupa yaitu :
1. http://www.dusaspun.com/m-system
2. http://www.b-panel.com/
Dari sisi kecepatan waktu sepertinya lumayan bersaing dengan konvensional namun kalo dari sisi harga relatif lebih mahal karena fabrikasinya memang sudah canggih.

Hmmm.. waktu vs biaya vs budget... tuing tuing hard decision ^_^
Ya Allah semoga dipermudah proses bangunannya nanti dan dicukupkan segalanya serta berkah amin.

No comments:

Post a Comment