Tuesday, March 20, 2012

Pembuatan IMB Jagakarsa

Sudah menjadi rahasia umum kalo di daerah Jagakarsa itu sangat sulit buat IMB, why ?
Karena Jagakarsa adalah area serapan utk Jakarta.. that's why disana ada Setu Babakan, Setu ManggaBolong yang sedang dikembangkan.
Balik ke IMB, karena merupakan area resapan maka Pemerintah menetapkan bagi yang punya tanah disitu masuk ke dalam plan WTM (Wisma Taman) dimana pastinya dari tanah yang dimiliki yang "boleh" dibangun hanya 5-20% saja... tuing tuing :(
Coba nekat dulu lah niat mo urus sendiri tuh IMB di Kecamatan.. jreng jreng.. hari pertama datang ke Kecamatan langsung minta penjelasan ke bagian TataKota. Dijelaskanlah secara formal disitu sbb :
Saya : Syaratnya apa saja ?
Petugas : Fc ktp, sertifikat tanah, KK sama plan dari Tata Ruang
Saya : biayanya bagaimana pak ?
Petugas : kalo bagian saya kan jelas tuh spt papan di depan (terlihat disitu hrg IMB 4rb-7rb/m2)
Saya : ok, kalo biaya pengukuran dll gimana ?
Petugas : oh tanyakan ke bagian masing2
Saya : Kira2 emang brp pak ?
Petugas : wah saya kurang tahu.. (mulai deh ngomong ga jelas.. harusnya ada biaya standart kan).. jadi ibu yang penting lengkapi semua persyaratan ini saja dulu baru ke tempat saya.
Saya : fiuhhh.. big question mark about the price.

Mulai bertanya ke tetangga, arsitek semuanya berujung kepada biaya tidak normal alias banyak Pungli.
Hari Ke-2 ke Kecamatan masih nekat mo tau lebih lanjut di bag. Tata Ruang, nyampe jam 8:30 tik tok tik tok ampe jam 9:30 itu ruangan masih tertutup rapat.. gilingannn.
Datanglah seorang bapak klimis sambil ikut kesel liat Tata Ruang yg masih tertutup. datang 2 ibu2 yang lsng ngobrol dgn si bapak.. ternyata si bapak adalah broker IMB dari ibu2 tsb.
Coba cari info ke si bapak sbg broker :
Saya : biasanya brp ya biaya ukur utk tanah sktr 200mtr ?
bapak : hmm di papan standartnya sih sktr 200rb-an, nah kalo masuk plan Wtm itu prosedurnya lebih rumit krn hrs bikin blokplan, sidang, gambar, dsb *ga tlalu tercerna baik
Saya : bapak dulu sempat kerja disini juga?
bapak : Ya, saya pensiunan tapi msh dikaryakan kembali untuk bantu2 hal spt ini.. kalo mo diliat2 sih seluruh rumah jakarta itu yaa melanggar semua ya, tapi mo gmn juga lahan smakin mahal, kebijakan spt ini.

Setelah si bapak pergi, saya berusaha mencari info..
Saya : mo buat IMB juga ya bu?
Ibu : Iya nih dah lama banget dari pengajuan (note: ibu ini PNS juga), akhirnya pake jasa si bapak deh udah minta 3.2jt :(
Saya : wow.. harga segitu sampe keluar plang kuning ?
Ibu : oh belum.. baru mo pengukuran aja, abis dah mo dibangun nih tanah saya 400m bla bla
Saya : *speechless (hrg pengukuran 200rb-an jadi membengkak ke angka 3.2jt di bag. tata ruang saja ya?? ) krn abis dari tata ruang masuk ke tata kota/IMB (kalo ini msh keliatan biaya standartnya), lalu masuk ke bag. pengawas lapangan (nah yg atu ini jg bisa bikin meriang pungli nya)

Finnaly saya putuskan untuk pulang ke rumah tanpa nunggu lagi petugas Tata Ruang (*udah eneg).. akhirnya make phonecall to Tante favorit saya... Tanteeee help me ^_^
Bismillah smoga dilancarkan ya Allah.. walopun sudah mo berusaha jd WN baik & jujur tp keseret juga.. yg bathil terlihat baik, yang baik terlihat bathil.. Astaghfirullah.

20 Maret 2012, Tante message kalo akan ada petugas yang mo ngukur.. wiih manteff Tante.. baru sabtu kemaren transfer 1.250.000 buat biaya ukur, selasa udah dateng petugasnya.
Semoga terus berjalan lancar.. amin.. amin yaa robbal alaminn.

6 comments:

  1. Assalamulaikum,

    Ibu, kalau ingin buat IMB di Jagakarsa jadinya bagaimana bu? saya juga rencana mau membuat IMB, mau buat persyaratan pinjaman Bank (pembangunan rumah), mohon infonya ya bu?jika ada email bisa Japri..

    ReplyDelete
  2. wa'alaykum salam,apakah sudah pernah di cek lahan bapak ini ke tata kota (tata ruang) terkena Wtm ato Wsd ato malah penghijauan? Kalo emang aman artinya tdk terkena penghijauan ato jalur jalan, lebih baik memang cari petugas terpercaya di kecamatan yg bisa ngurus dari awal - akhir.
    Krn serba salah juga utk ngurus sendiri tlalu byk likalikunya.

    ReplyDelete
  3. terima kasih ibu ern, boleh minta no HP nya ga ya bu?saya mau sharing jika berkenan

    ReplyDelete
  4. Assalamualikum Ibu Ern,

    Mau tanya, saya berencana membeli rumah di Jagakarsa. Kalau kita mau tahu planning rumah tsb kena jalur hijau/WTM/WSD/aman-aman saja dari mana ya? Rencananya saya Senin mau ke Kecamatan.. Pls adv karena saya baru pertama kali mau beli rumah :)

    ReplyDelete
  5. Mba,bisa minta contac person tantenya ga?sya juga bru beli tanah daerah jagakarsa bingung ngurusin imb nya,,help me yaa mba,,bsa krim email yaa mba buat no hp tantenya ,,mksih sblumnya mba

    ReplyDelete
  6. Harrah's Resort Atlantic City - MapyRO
    Hotel deals on Harrah's Resort 제주 출장샵 Atlantic City in Atlantic 동두천 출장샵 City (New Jersey), USA 부천 출장샵 with MapyRO. Browse 거제 출장샵 real room rates, photos & cheap rates for Harrah's Resort 천안 출장샵

    ReplyDelete