Tuesday, March 20, 2012

RISHA

Sehubungan dengan tema bangun ruma CEPAT & HEMAT, hasil survey di mbah google menemukan teknologi RISHA. Apakah itu ?
RISHA = Rumah Instan Sederhana Sehat yaitu teknologi yang ditemukan oleh puslitbang PU untuk para korban bencana alam (ex: tsunami-aceh).
RISHA menggunakan knockdown concept system sehingga rumah tersebut dapat dibongkar dan dipindahkan ke lokasi baru yang diinginkan. RISHA juga dapat dikembangkan pada arah horizontal dan vertical (2 lantai). Komponen modular RISHA dapat dibongkar-pasang, analogy dengan permainan anak-anak Lego atau Tamiya. Hal ini memungkinkan penerapan aplikasi RISHA untuk bangunan seperti toilet umum, saung, rumah kos, pos jaga, dan rumah tinggal tentunya.
Komponen modularnya yang baru teruji terdiri dari 3 panel :
1. P1 ukuran 20cm x 1,2m (95rb)
2. P2 ukuran 30cm x 1.2m (105rb)
3. P3 ukuran 30cm x 30cm (85rb)
Pemasangan satu rumah sangat cepat 1-3 hari dan material pendukungnya (ex:dinding, lantai, dll) bisa macam2 jg. Artinya bisa disesuaikan dgn budget.. yippiii
Dengan semangat 45, surveylah kami ke Cileunyi - Bandung.. satu2nya aplikator yang sudah mendapat ijin sertifikasi dari PU.
Sampai di Bandung bertemulah kami dgn Pak Purwoko, seorang bapak yang terlihat bersahaja dan dengan sangat terbuka menjelaskan mengenai teknologi rumah knockdown ini.
Dengan semangat saya perlihatkan gambar denah rumah dari sang arsitek... engg ingg engg..
Dengan mata menyipit beliau coba menelaah desain dan berkomentar :
Bapak : hmmm.. system ini berupa panel2 yg sudah fix.. jadi utk ukuran2 spt 2mtr dll tidak bisa terpenuhi. Kalo gambarnya spt ini, konsep Risha-nya tidak bisa masuk.. maap yaa :)
Dari waktu pengerjaan system ini jauh lebih cepat, namun dari sisi biaya ternyata ga beda jauh dgn konvensional dgn material apple to apple.
hiks.. lemes deh.. tetep harus konvensional coz mang ukuran2nya agak maksa sih :D
Tapi gpp kunjungan ini sangat bermanfaat kok, sangat terbuka untuk inovasi2 terbaru.
Next time ya pak.. mungkin saya akan membutuhkan jasanya.

3 comments:

  1. Salam kenal Mbak. Nama saya Lisa. SAya tertarik dengan sistem knockdown ini. Bisa saya dapat no telpon bapak Purwoko berikut alamatnya? Mohon bantuan dikirim ke email saya ya Mbak. lisa.prabowo@gmail.com . Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Hi Mba :)
    Silahkan akses http://risha-puskim.blogspot.com ato www.risha-knockdown.com

    ReplyDelete
  3. Hi mbak, apakah bengkel Risha ini buka pada hari sabtu dan libur? Pengen lihat bengkelnya dan menjajaki kemungkinan membuat RISHA..

    Terimakasih

    ReplyDelete